Meja Belajar "Particle Board" Paling Laku

Sunday, November 11, 2012

MEJA belajar tidak sering mengalami perubahan model seperti yang terjadi pada sofa dan tempat tidur. Perubahan yang mencolok hanya pada bahan baku yang digunakan.
Jika dulu meja belajar umumnya terbuat dari kayu, kini sebagian besar dibuat dari particle board bahan yang ringan dan mudah dibongkar pasang.Ya, particle board kini mendominasi bahan baku meja belajar. Setidaknya, begitulah yang terlihat di Fatmawati Plaza Mebel dan di sentra furnitur Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan. "Sekarang jarang yang mau beli meja belajar dari bahan kayu. Kebanyakan nyari yang dari particle board," ujar H Barri Satiri dari Rizky Furniture di Jalan Panglima Polim Raya, Rabu (1/5).


Menurut H Barri, penyebabnya adalah harga meja dari kayu jauh lebih mahal ketimbang yang dibuat dari particle board. Ia mencontohkan, sebuah meja belajar dari kayu dengan model standar dengan laci di bagian bawah dan atas meja dijual Rp 750.000.
"Padahal, dengan jumlah uang yang sama, pembeli dapat membawa pulang meja belajar particle board merek Olympic yang berukuran besar, yang  dilengkapi dengan lemari buku dan rak khusus untuk meletakkan komputer beserta monitornya," katanya.
Apalagi jika dibandingkan dengan meja belajar merek Disney Land, harga meja belajar kayu itu jauh lebih mahal. Di beberapa toko mebel di Jalan Panglima Polim Raya, meja belajar Disney Land dengan ukuran sekitar 1,5 m x 1,5 m dijual dengan harga Rp 450.000.
"Selain mahal, untuk mendapatkan meja belajar dari kayu itu pembeli harus memesan dulu. Pembeli harus menunggu dibuatkan terlebih dahulu karena kita tidak mempunyai stoknya," ucap Aziz dari Robby Furniture, juga di Jalan Panglima Polim Raya.
Mengenai ketiadaan stok meja belajar dari kayu juga diutarakan oleh Noor dari Pola Surya Anggun di Fatmawati Plaza Mebel lantai II. Dituturkannya, semua meja belajar yang dijual di tokonya terbuat dari particle board. Untuk kaki-kakinya, selain yang dari particle board, juga ada yang terbuat dari besi agar meja tersebut lebih kokoh.
Meja belajar yang sekaligus dapat digunakan untuk meletakkan perangkat komputer, di Pola Surya Anggun ditawarkan dengan harga Rp 1,41 juta. "Harga ini cukup kompetitif, apalagi jika melihat kualitasnya yang halus serta kokoh," kata Noor, berpromosi.
Walau terbuat dari particle board, meja belajar tadi bukan berarti tidak memiliki kemilau yang setara dengan meja kayu. Karena, particle board tadi dilapisi bahan sintetis yang memiliki motif dan kilap yang sama dengan kayu.
Jika melihatnya sepintas, boleh jadi orang awam akan sulit membedakan mana meja yang benar-benar terbuat dari kayu dan mana yang dari particle board.
Selain dibuat serupa dengan kayu, meja belajar dari bahan particle board juga banyak yang diberi warna-warni ceria atau diberi gambar karakter kartun yang disukai anak-anak.
Jenis yang disebut terakhir antara lain bisa dilihat di toko Pelangi di Fatmawati Plaza Mebel. Toko yang khusus menyediakan mebel untuk keperluan bayi bayi dan anak-anak ini menawarkan meja belajar dengan hiasan Donal Bebek, Teletubbies, Doraemon, dan sejenisnya.
"Biasanya kan anak-anak suka yang seperti begini. Lagi pula, hiasan seperti ini pada meja belajar akan menambah semangat belajar anak-anak," ujar Muharom dari toko Pelangi.
Namun, para pedagang tadi mewanti-wanti konsumen agar berhati-hati dalam merawat meja yang terbuat dari bahan baku particle board. Pasalnya, particle board akan mudah melengkung atau rapuh jika terkena air.
Fungsional
Sementara itu, Yayi dari toko mebel Sweet Memory di Lantai 2 Blok 5 Proyek Senen, menyatakan bahwa pembeli meja belajar memang lebih melihat segi fungsionalnya saja. Soal kualitas nomor dua.
Lagi pula, perbedaan usia pakai antara "merek murah" dan "merek mahal" tidak terlalu jauh. Yang membuat beda hanya bahan baku pembuatannya saja.
Selain itu, meja belajar tidaklah merupakan bagian dari penunjuk status sosial sebagaimana sofa atau furnitur ruang tamu lainnya. 
Sekadar contoh, meja belajar merek Olympic terbuat dari particle board atau serbuk kayu yang dipres, sedangkan merek Hakari terbuat dari kayu ramin. "Dari segi kualitas, tentu lebih baik yang dari kayu ramin. Tetapi yang diutamakan masyarakat adalah kegunaannya, sedangkan masalah bahan bakunya tidak terlalu dipikirkan. Karena itu, meja belajar yang paling laku adalah yang dari particle board itu," kata Yayi.
Karena itu pula, Yayi pun hanya menyediakan meja-meja belajar dari kelas yang ia sebut "merek murah" saja. "Di sini. meja belajar yang mahal seperti merek Ligna kurang diminati. Makanya, rata-rata pedagang di sini hanya menjual merek-merek yang harganya terjangkau oleh orang kebanyakan," jelasnya. (mer/tan)

Share on :

7 comments:

Jasa desain Rumah hanya 450ribu perview, minimal order 2view, untuk segala macam gambar Desain rumah 2lantai minimalis modern terbaru, Jasa desain rumah mewah, Gambar desain rumah cepat, murah berpengalaman, Perencanaan taman terbuka, design Landscape, gambsr, ruang terbuka hijau kawasan perkotaan, gambar tampak, gambar Tampak depan bangunan, tampak samping, Render Gambar Tampak, Rumah Lengkap, desain rumah minimalis modern, rumah idaman rumah tinggal, Rumah Modern Minimalis, Jasa desain rumah minimalis modern dengan Desain Kolam renang Taman Asri 3D Rumah bangunan lengkap, desain Exterior Rumah tinggal, ruang office kantor, Restoran rumah makan, apartemen, saung, gazebo, Taman Pekarangan Outbond Kolam Landscape secara Cepat dan Berpengalaman.

ersyant said...

desain kontruksi gedung pabrik gudang yang unik dan inovatif , desain pabrik 2013, desain pabrik terbaru, konsep desain pabrik, gambar desain pabrik, perancangan pabrik.

Jasa Desain 3D Exterior Perumahan dengan konsep Simple Modern Minimalis, Desain Property Perumahan Segala Type, Denah Perumahan menggunakan photoshop juga desain 3d baik exterior, interior, gambar kerja, rab, pondasi batu kali, struktur beton bertulang, dinding bata merah plester dan aci, cat catylac dulux, rangka atap galvalum, penutup atap genteng mounter flat, plafon galvalum gypsum, jasa desain Gambar Perumahan minimalis tipe 56 modern, rumah type 56 Model rumah minimalis terlaris, rumah type kecil dengan luas bangunan 56m2, Desain rumah idaman type 56, minimalis, desain rumah type 56 hook, Desain Perumahan yang elit, real dan menarik, desain type rumah sederhana, desain tipe rumah 54, desain tipe rumah mungil, desain tipe rumah minimalis 2013, desain tipe rumah kpr, Gambar Landscape perumahan minimalis, desain perumahan modern minimalis, Design Taman Perumahan View Bird modern landscape, desain rumah minimalis modern, design ideas landscape perumahan home,landscape rumah house design, modern landscape rumah decorating, Gambar Rumah Idaman Asri Cantik Minimalis menarik Modern, gambar rumah minimalis satu lantai, gambar rumah kayu, desain taman minimalis, desain taman depan rumah, desain taman mungil, desain taman kering, desain taman rumah minimalis, desain taman depan rumah minimalis,desain taman rumah minimalis modern, desain taman tropis, gambar taman mungil, gambar taman mini di rumah, gambar taman landskap, gambar taman permainan, gambar taman dalam rumah minimalis, site plan, Master Plan, Rencana Tapak, 3D floor plan designer, landscape design, Groundplan, office floor plan design Gambar Taman Terbuka Hijau.

Arusha Desain said...

Jasa desain 3D Interior Rumah Tinggal, Ruko, Kantor, Hotel, Apartemen Cantik Minimalis Modern secara online.
Dengan harga murah, perview cukup 350ribu rupiah. Anda sudah dapat melihat bentuk jadi interior ruangan yang anda inginkan.
Sehingga tidak akan memakan banyak biaya dan waktu yang lama untuk mengetahui hasil aktualnya.
Proses Mudah, Cepat dan Hasil Memuaskan.
Kami, siap membantu anda dengan konsep dari kita atau menerjemahkan sketsa tangan, denah, foto2, gambar yang anda inginkan ke dalam gambar Desain 3D.
Cukup dengan SMS ke 081916200296, 08979198363, Email ke arusha.st@gmail.com, desain yang anda butuhkan sudah sesuai keinginan anda.

Ersanty D said...

jasa gambar desain booth
www.design3dmax.com

Biaya jasa gambar desain 3D interior untuk booth makanan adalah 400ribu/view. Revisi 2x free. pengerjaan 2-3hari anda sudah dapat melihat hasilnya. Untuk data2 pembuatan desain yg dibutuhkan adalah
denah+ukuran+foto lokasi+refrensi gambar/foto acuan. Disini kita juga
menerima jasa desain booth unik, desain booth portable, desain booth milkshake, desain booth cafe, desain booth pameran, desain booth minimalis, desain booth kayu, dll. Proses Mudah, Cepat dan Hasil Memuaskan. Cukup dengan SMS ke 081916200296 dan email ke arusha.st@gmail.com, desain yang anda butuhkan sudah sesuai keinginan anda.

Arusha Design said...

Arusha Design bergerak dibidang jasa pembuatan Design 2D & 3D bangunan Exterior Interior yang telah berpengalaman mengerjakan banyak banget project - project Design dari perorangan maupun perusahaan. Banyak pelanggan kami yang sampai saat ini masih mempercayakan kepada kami untuk selalu dibuatkan konsep desain 3d sesuai permintaan customer.
Sebagai contoh desain interior ruang tamu rumah minimalis, ruang tamu mewah, ruang tamu idaman, ruang tamu klasik, ruang tamu unik, ruang tamu sederhana, ruang tamu minimalis kecil, ruang tamu apartemen, ruang tamu ala hotel, ruang tamu nuansa biru dengan biaya desain hanya 400ribu/view/gambar.
Silahkan kirim data2 anda via email meliputi denah atau sketsa coretan tangan, ukuran lahan, foto lokasi, konsep yang diinginkan, referensi gambar/foto acuan yang ingin diaplikasikan ke lahan. Segera kita proses, baik dengan konsep dari kita maupun menerjemahkan sketsa tangan, denah, foto2, gambar yang anda kirimkan untuk kita tuangkan ke dalam gambar Desain 3D sesuai keinginan anda. Proses Mudah, Cepat dan Hasil Memuaskan. 2-3hari anda sudah dapat melihat hasilnya.
Cukup dengan SMS ke 081916200296 dan email ke arusha.st@gmail.com, desain yang anda butuhkan sudah sesuai keinginan anda.

Tio Marpaung said...

Wah Mas Arusa, bagus nech designnya..

Post a Comment

 
 
 

Total Pageviews