Kesadaran akan pentingnya Desain

Wednesday, October 24, 2012

Pada hakikatnya Desain adalah upaya manusia untuk  mempertahankan hidupnya di dunia untuk menghadapi tantangan alam disekelilingnya. Melalu idesain manusia mengupayakan pembuatan alat-alat bantu, perkakas dan piranti yang sesuai dengan kebutuhan dan daya nalar untuk membuat hidupnya nyaman.

Dalam Desain terkandung empat unsur dasar yaitu bahan, fungsi, nilai ekonomi dan nilai estetika. Desain yang memenuhi kesesuaian empat unsur dasar ini sangat menentukan kualitas produk sekaligus daya saing terhadap produk sejenis di pasar.
Kesadaran akan pentingnya Desain belum sepenuhnya dimiliki oleh masyarakat industri di Indonesia , terutama pengusaha kecil dan menengah. Pengusaha kecil dan menengah pada umumnya tidak memiliki kemampuan untuk mendesain karena keterbatasan pemahaman serta pengetahuan teknis desain seperti estetika, teknologi produksi, trend pasar dan lain sebagainya. Mereka cenderung membuat produk atas pesanan, berdasarkan desain atau mencontoh barang yang disiapkan oleh pemesan. Situasi ini menyebabkan produksi pengusaha kecil dan menengah indonesia berposisi tawar lemah terhadap produk yang dibuat di negara lain.

Industri berskala besar di Indonesia juga belum sepenuhnya menguasai kemampuan mendesain sebagian dari mereka lebih memilih untuk memanfaatkan desain dari luar negri dengan membayar royalty, daripada mengembangkan kemandirian usaha dengan mengembangkan desain sendiri. Keadaan ini bukan gambaran yang menggembirakan bagi persiapan menghadapi pasar bebas di masa mendatang, sehingga kini saanya ditumbuhkan kesadaraan desain di kalangan masyarakat industri Indonesia mulai yang berskala kecil hingga menengah dan besar agar produk - produk buatan Indonesia memiliki keunggulan dan mampu bersaing di dunia.

(bid/berbagai sumber)

Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Total Pageviews