Desain produk industri dan PPP(Perencanaan dan Pengendalian Produksi)

Thursday, September 27, 2012

Sejalan dengan kemajuan era industrialisasi, suatu produk dituntut tidak hanya memiliki fungsi teknis ekonomis dan sekedar pemenuhan kebutuhan fisik saja, tetapi juga dapat menjawab tuntutan akan fungsi simbolik, keindahan, kenyamanan, dan kemudahan. Permasalahan yang kemudian timbul adalah mengapa ada produk yang menjadi lebih unggul dari produk lainnya, sedangkan spesifikasinya hampir sama. Fenomena di atas menyebabkan timbulnya suatu tuntutan akan desain produk industri yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara nyata dalam persaingan pasar.
Desain produk industri adalah suatu kegiatan yang luas dalam inovasi teknologi. Desain produk tersebut bergerak meliputi proses pengembangan produk dengan mempertimbangkan fungsi, kegunaan, proses produksi dan teknologi, pemasaran serta perbaikan manfaat dan estetika dari produk industri.
Untuk meningkatkan daya saing , kualitas dan produktifitas, diperlukan adanya suatu aktifitas riset dan pengembangan produk-produk baru. Hal ini diantisipasi dengan adanya pendidikan desain produk industri. Ditinjau dari jenis kegiatannya, ruang lingkup bidang profesi ini dibagi menjadi tiga kelompok besar:
  1. Desain produk meliputi:
Furniture, alat-alat rumah tangga, elektronika, perlengkapan medis dan rumah sakit, perlengkapan kantor, komponen bangunan, perlengkapan olah raga dan hobi, kerajinan, dll.
  1. Desain fasilitas lingkungan meliputi:
Fasilitas olah raga dan rekreasi, sistem informasi kota, perkakas dan sarana umum kota, shelter dan sarana kaki lima, peralatan pertanian, perkebunan dan kehutanan, dll
  1. Desain alat transportasi meliputi:
Mobil penumpang, mobil keluarga, bis, angkutan umum, truk, angkutan barang, interior berbagi jenis alat tranportasi, pemadam kebakaran, bis airport, unit sampah, sarana angkutan lingkungan dan lain-lain.
Ilmu desain produk industri merupakan salah satu penunjang bagi seorang sarjana teknik industri. Pada proses perencanaan dan pengendalian produksi, sarjana Teknik Industri diharapkan dapat merumuskan suatu konsep dari suatu bentuk sistem produksi yang terpadu dalam hal desain produk, alat, dan fungsinya, seperti yang telah diuraikan di atas. Dalam hal ini seorang sarjana TI diharapkan dapat berinteraksi dengan sarjana dari bidang lainnya untuk mewujudkan suatu hasil yang nyata.
Seorang desainer produk industri diharapkan mampu memiliki dan mengembangkan karakteristik kreatif, orisinal, dan mempunyai kemampuan dalam mengolah bentuk, mampu bekerjasama secara multidisiplin, mengenal karakteristik dan kebudayaan lingkungan, menguasai terapan dalam bidang ergonomi dan pemasaran, serta mampu mempresntasikan ide secara sistematis dan jelas.
Saat ini, di negara –negara industri, profesi desain industri merupakan salah satu tulang punggung dalam mata rantai industri yang bekerja bahu membahu dengan para insinyur, arsitek, ekonom, ergonom, ahli material, scientist, bahkan dengan para seniman untuk melahirkan suatu kebutuhan tertentu. Dengan kata lain, seorang desainer produk adalah figur yang menjembatani kepentingan produsen dan konsumen. Di Indonesia sendiri diperkirakan jumlah desainer produksi masih terbatas. Selain itu, kontribusi yang diharapkan masih belum tampak nyata, mengingat sebagian besar industri kita masih bersifat pembuatan bahan baku.
Namun di masa yang akan datang diharapkan profesi ini dapat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kelangsungan industri di Indonesia, sehingga dapat menghasilkan keunggulan komparatif dan kompetitif pada produk sejenisnya. Kegiatan perancangan produk berada pada tahap R&D/product development untuk mendefinisikan produk industri. Kegiatan ini merupakan kunci, bagi konsep dan strategi produk tersebut dikembangkan. Negara-negara industri tidak akan melepaskan kegiatan tersebut, selain jaringan bisnis dan pemasaran juga tetap dipegang.

(Soh Sian Gwan)

Share on :

1 comments:

Kami menerima segala pembuatan gambar desain Exterior toko, Supermarket, Pasar, Ruko, minimarket, ruang office kantor, Restoran rumah makan, apartemen, Rumah tinggal, Taman Pekarangan Outbond Kolam Landscape secara Cepat dan Berpengalaman.
Desain Rumah, Interior, Eksterior, denah rumah, rumah 2d, Jasa 3d, 3d interior, desain 3d, jasa desain murah berpengalaman, jasa desain produk,design produk, desain interior, desain brosur, produk promosi, gambar desain rumah, contoh desain rumah, jasa desain rumah minimalis, jasa desain interior, desain rumah minimalis, Jasa desain rumah online, jasa arsitek murah, jasa desain taman, jasa desain grafis, jasa desain logo, jasa desain interior, jasa desain rumah minimalis, desain produk, jasa desain rumah,jasa desain stand pameran, jasa gambar desain stand pameran, design stand pameran, kontraktor stand pameran, desain interior pameran, desain booth, booth pameran,design stand pameran, gambar stand pameran, layout stand pameran, design interior pameran, booth design, booth pameran, stand booth, contoh layout, pameran, Jasa desain Interior Ruang makan, Restoran dan Cafe, stand booth Expo, Booth promosi, booth pameran, Stand Pameran Exhibition, Restoran rumah makan, rumah tinggal, apartemen, kantor, stand pameran, Furniture, mebel and Interior design, Mebel Sofa Lemari Tempat Tidur Bed, Set Meja Makan Kursi Office Interior, rumah,apartemen,kantor,toko, ruko, Jasa Desain Interior, Interior Kantor, Interior Apartment, Interior Kamar Tidur, Interior Rumah, Interior Restoran, Interior Kafe, Interior Minimalist, kamar tidur, ruang tamu,restoran , hotel, butik, interior villa.
kami juga menyediakan jasa desain Jasa Desain 3Dmax stand pameran, Interior Kamar tidur, Jasa Desain Rumah, Interior, Eksterior, denah rumah, rumah 2d, Jasa 3d, 3d interior, desain 3d, jasa desain murah berpengalaman, jasa desain produk,design produk, desain interior, desain brosur, produk promosi, gambar desain rumah, contoh desain rumah, jasa desain rumah minimalis, jasa desain interior, desain rumah minimalis.

Post a Comment

 
 
 

Total Pageviews