Ruang Keluarga Modern Tropis

Kamis, 22 November 2012

NERACA - Jakarta. Ruang keluarga adalah ruang yang sangat penting. Banyak alasan yang membuat ruang keluarga penting salah satunya adalah karena di ruang inilah pusat interaksi keluarga berlangsung. Kegiatan bersantai semua anggota keluarga dilakukan di ruang ini, seperti membaca dan menonton televisi.
Iklim tropis selalu menghadirkan teriknya sinar matahari, segarnya hembusan angin dan kekayaan alam khasnya. Dalam arsitektur, semua ini merupakan faktor yang menjadi sumber inspirasi untuk mendekorasi sebuah rumah.
Ruang keluarga modern tropis akan didominasi oleh garis rancangan yang berpola geometris, bersih, dan memberi kesan ringan. Begitu pula dengan material alam, seperti kayu dan bebatuan. Akan tetapi rancangan interior ruang keluarga modern tropis yang tepat tidak boleh terjebak pada style saja, melainkan mesti sanggup beradaptasi dengan kondisi alam dan lingkungan serta budaya. Berarti desain ruang keluarga perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Bukaan atau Jendela Optimal Bukaan atau jendela optimalmemberi efek ventilasi dan penyebaran panas yang baik, serta melindungi rumah dari jamur maupun bakteri akibat kelembapan. Olahan ini juga membuat udara di dalam ruangan tetap segar. Segi positif lainnya bila kita menerapkan bukaan optimal, kita bisa memanjakan indera pengeli-hatan.
Biasanya di dekat ruang keluarga dibuat sebuah taman yang berisi tanaman khas tropis, mulai dari pohon kamboja, pisang-pisangan, rumput-rumputan hingga tanaman semak. Taman ini bisa menjadi sebuah lukisan hidup di ruang keluarga.
Ruang keluarga juga memerlukan teras yang cukup besar dengan tujuan memudahkan pergerakan udara. Begitu juga naungan seperti teritis yang menyebabkan terjadinya pembayangan, serta melindungi ruangan dari panas dan hujan. Desain ini membuat ruang tidak terlalu panas ketika siang dan tidak basah saat hujan. Ruang yang kelihatan sederhana pun dapat menjadi luar biasa, asal semua indera dapat distimulasi secara maksimal. Ruang keluarga harus mendapatkan posisi paling startegis, paling terbuka dan memiliki jarak pandang semakin luas terhadapruang luar. Pengalaman inilah yang membuat ruang keluarga menjadi terasa mewah secara fisik maupun psikologis.
Ruang keluarga merupakan cermin karakter penghuni rumah dan menjadi first impression bagi para tamu yang datang. Dua sisi ini makin menuntut ruang keluarga didekor secara maksimal, nyaman, dan stylish. Gabungan antara imajinasi dan selera yang baik akan memberi kesan nyaman sekaligus elegan. Sedangkan penataan ruang yang efisien menciptakan kesan modern.

Tekstur, bahan dan warna memiliki posisi sangat penting. Hal penting untuk diperhatikan
adalah pilihan itu harus bisa merespon keadaan ruang luar secara maksimal. Gaya dan jenis
material itu bisa membaur dengan alam, atau justru sebaliknya.
Desain dan Objek Ruang Keluarga Desain dan obyek pada ruang keluarga harus dibuat
hangat, akrab, fleksibel sekaligus menggairahkan, karena fungsi ruang keluarga adalah
mengakomodasi banyak aktivitas. Sofa merupakan bagianyang paling mendapat perhatian,
karena waktu bersantai di ruang keluarga banyak dihabiskan dengan duduk-duduk atau
rebahan di sofa. Mulailah mempertimbangkan ukuran sofa, sesuaikan dengan dimensi
ruangan. Pilihlah sofa empuk yang terbuat dari bahan lembut dan nyaman.
Jangan lupakan pula sandaran kaki (foot stool] dan sandaran kepala untuk menjamin
relaksasi, karena kita duduk lama di atasnya. Sofa model geometris dan rendah memberikan
kesan ramping serta kontemporer. Menurut Anita Buntarman, desainer interior Milenia,
bentuk sofa yang tidak geometris membuat suasana lebih hangat. Bahkan bisa menjadi
sebuah unsur kejutan di tengah bentuk yang serba geometris.
Warna sofa termasuk elemen yang penting dan harus dipertimbangkan seperti halnya tirai
atau kain-kain pelapis lainnya. Warna paling sempurna untuk hunian modernadalah warnawarna
alam yang ringan dan terang. "Warna natural yang mengarah pada abu-abu, beige, dan
cokelat masih dominan walau tidak tertutup kemungkinan memberi aksen atau kontras,
sebaiknya perhatikan tata letak benda tersebut agar jangan sampai menyilaukan mata," jelas
Anita.
Perabotan lain yang perlu dijadikan pertimbangan adalah coffee table dan side table. Untuk
pilihannya, bahan kayu seperti oak, zebrano, wenge, jati, mahoni kayu kelapa, juga bambu
dan rotan dapat menciptakan meja yang elegan.
Saat ini meja-meja dibuat lebih rendah menjadi 30cm. Meja tidak jarang dikombinasikan
dengan kaca, metal, bahkan plastk berwarna juicy. Karpet wol atau tikar dari bahan bambu
bisa dijadikan alas dari meja, dan sebagai elemen pengikat semua perabotan sekaligus
memberi kesan hangat.
Rak dan lemari adalah elemen pendukung lainnya. Di sinilah Anda meletakkan berbagai
pajangan, koleksi buku, DVD, pernak-pernik sampai peralatan elektronik mulai dari televisi,
DVD player sampai sound system. Bentuk-bentuk stylish namun kokoh menjadi pilihan yang
sesuai. Pilihan lemari built-in cukup efektif, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Memberi kesan sempurna, materialnya bisa terbuat dari kayu zebrano atau wenge dengan
kombinasi logam.


-effendi grimaldi-

Share on :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami siap membantu Anda yang sedang membutuhkan jasa desain rumah minimalis modern, rumah idaman rumah tinggal, Rumah Modern Minimalis, Jasa desain rumah minimalis modern dengan Desain Kolam renang Taman Asri 3D Rumah bangunan lengkap, desain Exterior Rumah tinggal, ruang office kantor, Restoran rumah makan, apartemen, saung, gazebo, Taman Pekarangan Outbond Kolam Landscape secara Cepat dan Berpengalaman.
kami juga menyediakan jasa desain Jasa Desain 3Dmax stand pameran, Interior Kamar tidur, Jasa Desain Rumah, Interior, Eksterior, denah rumah, rumah 2d, Jasa 3d, 3d interior, desain 3d, jasa desain murah berpengalaman, jasa desain produk,design produk, desain interior, desain brosur, produk promosi, gambar desain rumah, contoh desain rumah, jasa desain rumah minimalis, jasa desain interior, desain rumah minimalis, Jasa desain rumah online, jasa arsitek murah, jasa desain taman, jasa desain grafis, jasa desain logo, jasa desain interior, jasa desain rumah minimalis, desain produk, jasa desain rumah,jasa desain stand pameran, jasa gambar desain stand pameran, design stand pameran, kontraktor stand pameran desain interior pameran, desain booth, booth pameran,design stand pameran, gambar stand pameran, layout stand pameran, design interior pameran, booth design, booth pameran, stand booth, contoh layout pameran, Jasa desain Interior Ruang makan, Restoran dan Cafe, stand booth Expo, Booth promosi, booth pameran

Cukup dengan SMS ke 081916200296, 08979198363, Email ke arusha.st@gmail.com, desain yang anda butuhkan sudah sesuai keinginan anda.

Contoh-contoh desain yang telah dibuat bisa dilihat di:
www.desain3d.com
www.jasa-gambar-desain.blogspot.com
www.jasa-desain-gambar-murah.blogspot.com
www.autocad-solidworks-unigraphics.blogspot.com
www.jasa-interior-eksterior.blogspot.com
www.jasa-interior-eksterior3d.blogspot.com
www.jasa-interior-3d.blogspot.com
www.jasa-eksterior-interior.blogspot.com
www.jasa-desainer.blogspot.com
www.jasadesainrumah3d.blogspot.com

om_arusha mengatakan...

Arusha Design bergerak dibidang jasa pembuatan Design 2D & 3D bangunan Exterior Interior yang telah berpengalaman mengerjakan banyak banget project - project Design dari perorangan maupun perusahaan. Banyak pelanggan kami yang sampai saat ini masih mempercayakan kepada kami untuk selalu dibuatkan konsep desain 3d sesuai permintaan customer.
Sebagai contoh desain toko aksesoris, desain toko counter hp, desain toko komputer, desain toko alat tulis kantor, desain toko elektronik, desain etalase toko, desain toko handphone minimalis, desain toko jam tangan, desain toko listrik, desain toko variasi motor, dll.
Dengan biaya desain hanya 400ribu/view bisa revisi 2x free untuk pengerjaan kurang lebih 2-3hari setelah data lengkap terkirim. Untuk data data yang harus dikirim adalah denah atau sketsa coretan tangan, ukuran lahan, foto lokasi, konsep yang diinginkan, referensi gambar/foto acuan yang disukai.
Cukup dengan SMS ke 081916200296 dan email ke arusha.st@gmail.com, desain yang anda butuhkan sudah sesuai keinginan anda.

Posting Komentar


 
 
 

Total Tayangan Halaman